Pada era digital seperti saat ini Internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat, tak bisa di pungkiri sebagian dari kita sudah menjadikan internet sebagai sarana untuk mempermudah segala aktivitas, salah satunya dalam mencari informasi.

Pengguna Internet yang semakin meningkat ini tumbuh sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin mudah dijangkau masyarakat. Menurut data survei APJII, pengguna internet khususnya di Indonesia pada 2017 telah mencapai 142 juta jiwa dengan penetrasi sebesar 54,69 persen dari total populasi.

Menjadi salah satu Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Pulau Jawa, menjadikan Jawa Barat kaya dengan hal-hal menarik yang tentunya layak untuk diarsipkan, dibagikan, dan turut serta dalam membuat sejarah di Jawa Barat.

Dengan visi “Mengemas Jawa Barat”, Bicarajabar.com lahir ditengah maraknya media berbasis online khususnya di Jawa Barat. Memberikan konten serta tampilan lebih segar untuk bisa dinikmati berbagai kalangan. Informasi praktis, aktual, inpiratif, dan menggemaskan yang memancing daya kritis, serta menambah wawasan.

Bicarajabar.com merupakan media daring (dalam jaringan) berupaya memberikan tempat bagi siapa saja yang ingin berkontribusi dalam mengenalkan Jawa Barat ke ranah yang lebih luas.

Salam Juara!

Tim Redaksi Biacarajabar

Pasal Sanggahan

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan tentang pasal sanggahan (disclaimer) untuk website kami, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui surel redaksi@bicarajabar.com

Pasal Sanggahan (Disclaimer) untuk https://bicarajabar.com

Semua informasi dalam website kami (https://bicarajabar.com) diterbitkan dengan itikad baik dan untuk tujuan informasi umum saja. Informasi yang tersedia dalam setiap tulisan dalam tidak ditujukan sebagai suatu nasehat hukum, namun hanya memberikan gambaran umum terhadap suatu informasi atau permasalahan yang sedang dihadapi.

Setiap tindakan yang Anda lakukan pada informasi yang Anda temukan dalam website ini adalah tanggung jawab Anda sendiri. Website kami memiliki beberapa konten dewasa, sehingga kebijaksanaan dalam membuka website kami sangat dianjurkan.

Kami tidak akan bertanggung jawab untuk setiap kerugian dan / atau kerusakan sehubungan dengan penggunaan informasi yang didapatkan dari website ini.

Dari website kami, Anda dapat mengunjungi situs-situs lain dengan mengikuti hyperlink ke situs eksternal. Sementara kami berusaha untuk memberikan hanya kualitas link ke situs yang berguna dan beretika, kami tidak memiliki kontrol atas isi dan sifat situs tersebut. Link ke situs-situs lain tidak menyiratkan rekomendasi untuk semua konten yang ditemukan di situs tersebut.

Pemilik situs dan konten dapat berubah tanpa pemberitahuan dan mungkin terjadi sebelum kami memiliki kesempatan untuk menghapus link yang mungkin telah ‘rusak’.

Perlu juga Anda menyadari bahwa ketika Anda meninggalkan website kami, situs lain mungkin memiliki kebijakan privasi yang berbeda dan istilah yang berada di luar kendali kami.

Pastikan untuk memeriksa Kebijakan Privasi situs ini serta “Ketentuan Layanan” mereka sebelum terlibat dalam bisnis atau mengunggah informasi apapun. DILARANG KERASmenyalin sebagian atau seluruh konten dari https://bicarajabar.com kemudian menyebarluaskan konten itu dalam bentuk apapun tanpa menyertakan sumber aslinya.

Persetujuan

Dengan menggunakan situs kami, Anda dengan ini setuju dengan disclaimer kami beserta dengan ketentuan-ketentuannya.

Update

Pasal Sanggahan (Disclaimer) website ini mengalami update terakhir pada 2 Februari 2019. Apabila Bicarajabar melakukan update, amandemen, atau perubahan apapun pada dokumen ini, maka akan secara terbuka dicantumkan pada laman ini.

Rahasia pribadi

Kebijakan privasi ini (“Kebijakan”) menjelaskan bagaimana Operator Situs Web (“Operator Situs Web”, “kami”, “kami” atau “milik kami”) mengumpulkan, melindungi dan menggunakan informasi pribadi (“Informasi Pribadi”) yang Anda (“Pengguna”) , “Anda” atau “milik Anda”) dapat menyediakan di situs web bicarajabar.com dan semua produk atau layanannya (secara kolektif disebut “Situs Web” atau “Layanan”). Ini juga menjelaskan pilihan yang tersedia bagi Anda mengenai penggunaan Informasi Pribadi Anda oleh kami dan bagaimana Anda dapat mengakses dan memperbarui informasi ini. Kebijakan ini tidak berlaku untuk praktik perusahaan yang tidak kita miliki atau kendalikan, atau untuk individu yang tidak kita pekerjakan atau kelola.

Pengumpulan informasi pribadi

Kami menerima dan menyimpan informasi apa pun yang Anda berikan secara sadar kepada kami ketika Anda mempublikasikan konten, mengisi formulir online apa pun di Situs Web. Anda dapat memilih untuk tidak memberikan kami informasi tertentu, tetapi Anda mungkin tidak dapat mengambil keuntungan dari beberapa fitur Situs Web. Pengguna yang tidak pasti tentang informasi apa yang wajib dihubungi untuk menghubungi kami.

Pengumpulan informasi non-pribadi

Ketika Anda mengunjungi Situs web, server kami secara otomatis mencatat informasi yang dikirimkan oleh browser Anda. Data ini dapat mencakup informasi seperti alamat IP perangkat Anda, jenis dan versi browser, jenis dan versi sistem operasi, preferensi bahasa atau halaman web yang Anda kunjungi sebelum Anda datang ke Situs web kami, halaman situs web kami yang Anda kunjungi, waktu yang dihabiskan untuk halaman-halaman itu, informasi yang Anda cari di Situs web kami, waktu dan tanggal akses, dan statistik lainnya.

Menggunakan dan memproses informasi yang dikumpulkan

Setiap informasi yang kami kumpulkan dari Anda dapat digunakan untuk mempersonalisasi pengalaman Anda; memperbaiki situs web kami; meningkatkan layanan pelanggan dan menanggapi pertanyaan dan email pelanggan kami; kirim email pemberitahuan seperti pengingat kata sandi, pembaruan, dll; jalankan dan operasikan Situs Web dan Layanan kami. Informasi Non-Pribadi yang dikumpulkan hanya digunakan untuk mengidentifikasi kemungkinan kasus penyalahgunaan dan menetapkan informasi statistik mengenai penggunaan Situs Web. Informasi statistik ini tidak dikumpulkan sedemikian rupa sehingga akan mengidentifikasi pengguna tertentu dari sistem.

Kami dapat memproses Informasi Pribadi yang terkait dengan Anda jika salah satu dari yang berikut ini berlaku: (i) Anda telah memberikan izin untuk satu atau beberapa tujuan spesifik. Perhatikan bahwa di bawah beberapa undang-undang kami mungkin diizinkan untuk memproses informasi sampai Anda keberatan dengan pemrosesan tersebut (dengan memilih tidak), tanpa harus bergantung pada persetujuan atau basis hukum berikut di bawah ini. Namun, ini tidak berlaku, kapan pun pemrosesan Informasi Pribadi tunduk pada undang-undang perlindungan data Eropa; (ii) Penyediaan informasi diperlukan untuk pelaksanaan perjanjian dengan Anda dan / atau untuk kewajiban pra-kontraknya; (ii) Pemrosesan diperlukan untuk kepatuhan dengan kewajiban hukum yang harus Anda tanggung; (iv) Pemrosesan terkait dengan tugas yang dilakukan untuk kepentingan umum atau dalam menjalankan wewenang resmi yang berada di tangan kami; (v) Pemrosesan diperlukan untuk tujuan kepentingan sah yang dilakukan oleh kami atau oleh pihak ketiga. Dalam hal apa pun, kami akan dengan senang hati menjelaskan dasar hukum spesifik yang berlaku untuk pemrosesan, dan khususnya apakah penyediaan Data Pribadi merupakan persyaratan hukum atau kontrak, atau persyaratan yang diperlukan untuk masuk ke dalam kontrak.

Transfer dan penyimpanan informasi

Bergantung pada lokasi Anda, transfer data mungkin melibatkan transfer dan penyimpanan informasi Anda di negara selain negara Anda. Anda berhak mempelajari dasar hukum transfer informasi ke negara di luar Uni Eropa atau ke organisasi internasional yang diatur oleh hukum internasional publik atau yang didirikan oleh dua atau lebih negara, seperti PBB, dan tentang langkah-langkah keamanan yang diambil oleh kami untuk menjaga informasi Anda. Jika ada transfer seperti itu terjadi, Anda dapat mengetahui lebih lanjut dengan memeriksa bagian yang relevan dari dokumen ini atau bertanya kepada kami menggunakan informasi yang disediakan di bagian kontak.

Hak-hak pengguna

Anda dapat menggunakan hak tertentu mengenai informasi Anda yang diproses oleh kami. Secara khusus, Anda memiliki hak untuk melakukan hal-hal berikut: (i) Anda memiliki hak untuk menarik persetujuan di mana sebelumnya Anda telah memberikan izin untuk pemrosesan informasi Anda; (ii) Anda memiliki hak untuk menolak pemrosesan informasi Anda jika pemrosesan dilakukan atas dasar hukum selain persetujuan; (iii) Anda memiliki hak untuk mengetahui apakah informasi sedang diproses oleh kami, memperoleh pengungkapan mengenai aspek-aspek tertentu dari pemrosesan dan mendapatkan salinan informasi yang sedang diproses; (iv) Anda memiliki hak untuk memverifikasi keakuratan informasi Anda dan memintanya diperbarui atau diperbaiki; (v) Anda memiliki hak, dalam keadaan tertentu, untuk membatasi pemrosesan informasi Anda, dalam hal ini, kami tidak akan memproses informasi Anda untuk tujuan apa pun selain menyimpannya; (vi) Anda memiliki hak, dalam keadaan tertentu, untuk mendapatkan penghapusan Informasi Pribadi Anda dari kami; (vii) Anda memiliki hak untuk menerima informasi Anda dalam format yang terstruktur, umum digunakan dan dapat dibaca mesin dan, jika secara teknis memungkinkan, untuk mengirimkannya ke pengontrol lain tanpa hambatan. Ketentuan ini berlaku asalkan informasi Anda diproses dengan cara otomatis dan bahwa pemrosesan didasarkan pada persetujuan Anda, pada kontrak yang menjadi bagian Anda atau pada kewajiban pra-kontraktualnya. format yang umum digunakan dan dapat dibaca mesin dan, jika secara teknis memungkinkan, untuk mengirimkannya ke pengontrol lain tanpa halangan apa pun. Ketentuan ini berlaku asalkan informasi Anda diproses dengan cara otomatis dan bahwa pemrosesan didasarkan pada persetujuan Anda, pada kontrak yang menjadi bagian Anda atau pada kewajiban pra-kontraktualnya. format yang umum digunakan dan dapat dibaca mesin dan, jika secara teknis memungkinkan, untuk mengirimkannya ke pengontrol lain tanpa halangan apa pun. Ketentuan ini berlaku asalkan informasi Anda diproses dengan cara otomatis dan bahwa pemrosesan didasarkan pada persetujuan Anda, pada kontrak yang menjadi bagian Anda atau pada kewajiban pra-kontraktualnya.

Hak untuk menolak pemrosesan

Jika Informasi Pribadi diproses untuk kepentingan publik, dalam pelaksanaan otoritas resmi yang diberikan kepada kami atau untuk tujuan kepentingan sah yang kami lakukan, Anda dapat menolak pemrosesan tersebut dengan memberikan dasar terkait dengan situasi khusus Anda untuk membenarkan keberatan. Anda harus tahu bahwa, jika Informasi Pribadi Anda diproses untuk tujuan pemasaran langsung, Anda dapat keberatan dengan pemrosesan itu kapan saja tanpa memberikan alasan apa pun. Untuk mengetahui, apakah kami sedang memproses Informasi Pribadi untuk tujuan pemasaran langsung, Anda dapat merujuk ke bagian yang relevan dari dokumen ini.

Cara menggunakan hak-hak ini

Segala permintaan untuk menggunakan hak-hak Pengguna dapat diarahkan ke Pemilik melalui detail kontak yang disediakan dalam dokumen ini. Permintaan ini dapat dilakukan secara gratis dan akan ditangani oleh Pemilik sedini mungkin dan selalu dalam satu bulan.

Privasi anak-anak

Kami tidak secara sengaja mengumpulkan Informasi Pribadi apa pun dari anak-anak di bawah usia 13 tahun. Jika Anda berusia di bawah 13 tahun, jangan mengirimkan Informasi Pribadi apa pun melalui Situs Web atau Layanan kami. Kami mendorong orang tua dan wali hukum untuk memantau penggunaan Internet anak-anak mereka dan untuk membantu menegakkan Kebijakan ini dengan menginstruksikan anak-anak mereka untuk tidak pernah memberikan Informasi Pribadi melalui Situs Web atau Layanan kami tanpa izin mereka. Jika Anda memiliki alasan untuk meyakini bahwa seorang anak di bawah usia 13 tahun telah memberikan Informasi Pribadi kepada kami melalui Situs Web atau Layanan kami, silakan hubungi kami.

Nawala

Kami menawarkan buletin elektronik di mana Anda dapat secara sukarela berlangganan kapan saja. Anda dapat memilih untuk berhenti menerima buletin atau email pemasaran kami dengan mengikuti instruksi berhenti berlangganan yang termasuk dalam email ini atau dengan menghubungi kami.

Cookies

Situs web menggunakan “cookies” untuk membantu mempersonalisasi pengalaman online Anda. Cookie adalah file teks yang ditempatkan di hard disk Anda oleh server halaman web. Cookie tidak dapat digunakan untuk menjalankan program atau mengirimkan virus ke komputer Anda. Cookie ditetapkan secara unik untuk Anda, dan hanya dapat dibaca oleh server web di domain yang mengeluarkan cookie untuk Anda. Kami dapat menggunakan cookie untuk mengumpulkan, menyimpan, dan melacak informasi untuk keperluan statistik untuk mengoperasikan Situs Web dan Layanan kami. Anda memiliki kemampuan untuk menerima atau menolak cookie. Sebagian besar browser web secara otomatis menerima cookie, tetapi Anda biasanya dapat mengubah pengaturan browser Anda untuk menolak cookie jika Anda mau.

Jangan Lacak sinyal

Beberapa browser menggabungkan fitur Jangan Lacak yang memberi sinyal ke situs web yang Anda kunjungi dan Anda tidak ingin aktivitas online Anda dilacak. Pelacakan tidak sama dengan menggunakan atau mengumpulkan informasi sehubungan dengan situs web. Untuk tujuan ini, pelacakan mengacu pada pengumpulan informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi dari konsumen yang menggunakan atau mengunjungi situs web atau layanan online saat mereka bergerak melintasi berbagai situs web dari waktu ke waktu. Bagaimana browser berkomunikasi sinyal Do Not Track belum seragam. Akibatnya, Situs Web ini belum diatur untuk menafsirkan atau menanggapi sinyal Jangan Lacak yang dikomunikasikan oleh browser Anda. Meski begitu, sebagaimana dijelaskan secara lebih rinci dalam Kebijakan ini, kami membatasi penggunaan dan pengumpulan informasi pribadi Anda.

Iklan

Kami dapat menampilkan iklan online dan kami dapat membagikan informasi yang dikumpulkan dan tidak mengidentifikasi tentang pelanggan kami yang kami kumpulkan melalui proses pendaftaran atau melalui survei dan promosi online dengan pengiklan tertentu. Kami tidak membagikan informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi tentang masing-masing pelanggan dengan pengiklan. Dalam beberapa kasus, kami dapat menggunakan informasi agregat dan non-identifikasi ini untuk mengirimkan iklan khusus kepada audiens yang dituju.

Tautan ke situs web lain

Situs web kami berisi tautan ke situs web lain yang tidak dimiliki atau dikendalikan oleh kami. Perlu diketahui bahwa kami tidak bertanggung jawab atas praktik privasi dari situs web lain atau pihak ketiga tersebut. Kami mendorong Anda untuk waspada ketika Anda meninggalkan Situs Web kami dan membaca pernyataan privasi masing-masing dan setiap situs web yang dapat mengumpulkan Informasi Pribadi.

Informasi keamanan

Kami mengamankan informasi yang Anda berikan di server komputer dalam lingkungan yang terkendali, aman, terlindung dari akses, penggunaan, atau pengungkapan yang tidak sah. Kami menjaga pengamanan administrasi, teknis, dan fisik yang wajar dalam upaya melindungi terhadap akses, penggunaan, modifikasi, dan pengungkapan Informasi Pribadi yang tidak sah dalam kendali dan pengawasannya. Namun, tidak ada transmisi data melalui Internet atau jaringan nirkabel yang dapat dijamin. Karena itu, sementara kami berupaya melindungi Informasi Pribadi Anda, Anda mengakui bahwa (i) ada batasan keamanan dan privasi dari Internet yang berada di luar kendali kami; (ii) keamanan, integritas, dan privasi dari setiap dan semua informasi dan data yang dipertukarkan antara Anda dan Situs Web kami tidak dapat dijamin;

Pelanggaran data

Jika kami mengetahui bahwa keamanan Situs web telah disusupi atau informasi Pribadi pengguna telah diungkapkan kepada pihak ketiga yang tidak terkait sebagai akibat dari aktivitas eksternal, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, serangan keamanan atau penipuan, kami berhak untuk mengambil langkah-langkah yang pantas secara wajar, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, penyelidikan dan pelaporan, serta pemberitahuan dan kerja sama dengan otoritas penegak hukum. Jika terjadi pelanggaran data, kami akan melakukan upaya yang wajar untuk memberi tahu orang-orang yang terkena dampak jika kami yakin ada risiko yang wajar akan merugikan pengguna sebagai akibat dari pelanggaran tersebut atau jika pemberitahuan sebaliknya diwajibkan oleh hukum. Ketika kami melakukannya, kami akan mengirimkan Anda email.

Pengungkapan hukum

Kami akan mengungkapkan informasi apa pun yang kami kumpulkan, gunakan atau terima jika diharuskan atau diizinkan oleh hukum, seperti untuk mematuhi panggilan pengadilan, atau proses hukum serupa, dan ketika kami yakin dengan itikad baik bahwa pengungkapan diperlukan untuk melindungi hak-hak kami, lindungi keselamatan Anda. atau keselamatan orang lain, menyelidiki penipuan, atau menanggapi permintaan pemerintah. Jika kami melalui transisi bisnis, seperti merger atau akuisisi oleh perusahaan lain, atau penjualan semua atau sebagian asetnya, akun pengguna Anda, dan data pribadi kemungkinan akan berada di antara aset yang ditransfer.

Perubahan dan amandemen

Kami berhak untuk mengubah Kebijakan ini yang berkaitan dengan Situs Web atau Layanan setiap saat, efektif setelah memposting versi terbaru dari Kebijakan ini di Situs Web. Ketika kami melakukannya, kami akan memposting pemberitahuan di halaman utama situs web kami. Penggunaan situs web yang berkelanjutan setelah perubahan tersebut merupakan persetujuan Anda terhadap perubahan tersebut. Kebijakan dibuat dengan WebsitePolicies.com

Penerimaan kebijakan ini

Anda mengakui bahwa Anda telah membaca Kebijakan ini dan menyetujui semua syarat dan ketentuannya. Dengan menggunakan Situs Web atau Layanannya, Anda setuju untuk terikat oleh Kebijakan ini. Jika Anda tidak setuju untuk mematuhi ketentuan Kebijakan ini, Anda tidak berwenang untuk menggunakan atau mengakses Situs Web dan Layanannya.

Menghubungi kami

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Kebijakan ini, silakan hubungi kami.

Dokumen ini terakhir diperbarui pada 2 Februari 2019

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

1. Ruang Lingkup

a. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita

a. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.

b. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

c. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

1) Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;

2) Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;

3) Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;

4) Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

d. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

a. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

b. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

c. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:

1) Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;

2) Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;

3) Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.

d. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).

e. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.

f. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.

g. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).

h. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

a. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

d. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

1) Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;

2) Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;

3) Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

e. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

5. Pencabutan Berita

a. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

b. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

c. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

6. Iklan

a. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.

b. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ‘advertorial’, ‘iklan’, ‘ads’, ‘sponsored’, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.

7. Hak Cipta

Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Pencantuman Pedoman

Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.

9. Sengketa

Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).