Sebelum mengirimkan artikel, pastikan kamu sudah membaca baik-baik syarat dan ketentuan pengiriman artikel di sini.

Tulis Artikelmu dan Kumpulkan Bintangnya!

i
Tulis nama lengkap sesuai KTP
i
Tulis email yang aktif
i
Tuliskan profil singkat kamu
i
Ukuran file maksimas 1 MB, format JPG,PNG,JPEG

Banyak ide atau cerita menarik disekitarmu yang layak untuk dibagikan? atau punya sudut pandang lain soal isu-isu terkini. Sok Kaluarkeun!

Syarat & Ketentuan

  • Semua tulisan dan gambar yang masuk tetap menjadi hak milik kontributor. Jika tulisan atau gambar layak muat, kami akan memberikan notifikasi melalui email.
  • Tulisan harus mengulas atau membahas seputar Jawa Barat, baik artikel, esai atau opini kamu soal isu-isu terkini.
  • Panjang tulisan minimal 700 kata.
  • Penulisan judul dengan menggunakan huruf kapital di awal.
  • Panjang setiap paragraf 2 sampai 5 baris.
  • Sebelum tulisan ditayangkan, redaksi berhak menyunting tulisan atau gambar kontributor.
  • Kami bukan dosen pembimbingmu, usahakan melakukan penyuntingan dasar yakni dengan memperhatikan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, agar karyamu layak dimuat.
  • Kontributor yang karyanya dimuat di Bicarajabar.com boleh menerbitkan ulang karyanya di media lain, minimal setelah satu minggu tayang di Bicarajabar.com, dengan syarat mencantumkan bahwa pernah atau pertama kali dipublikasikan di Bicarajabar.com.
  • Jika setelah seminggu karya dikirimkan belum mendapat balasan dari kami, penulis berhak menerbitkan atau mengirimkannya ke media lain.

Kumpulkan Bintang

  • Kamu akan mendapatkan 1 Bintang untuk setiap naskah yang diterbitkan.
  • Jika kamu sudah mengumpulkan 5 Bintang, maka kamu berhak melakukan klaim untuk pencairan dana dengan mengirimkan email ke fitria@bicarajabar.com.
  • Untuk setiap 5 Bintang, kontributor akan mendapatkan kompensasi sejumlah Rp 150.000. Maksimal klaim per penulis setiap bulan adalah 10 tulisan (setara Rp 300.000). (Misal: ketika bulan ini kamu rajin nulis hingga menghasilkan 20 tulisan, maka yang bisa di klaim untuk bulan ini hanya 10 tulisan, sisanya bisa di klaim bulan depan).
  • Klaim diajukan dengan mencantumkan nama kontibutor, alamat email, nomor rekening (beserta nama Bank, nama KCP Bank, dan nama nasabah), dan jumlah Bintang yang mau di klaim.
  • Klaim di ajukan setiap bulannya maksimal tanggal 10.
  • Klaim hanya bisa dilakukan terhadap tulisan-tulisan yang menggunakan alamat email yang sama.

Kami tunggu karyamu! Mulai Nulis.

Bisakah saya menulis di Bicarajabar?


Bisa pisan atuh, siapapun dari kamu boleh dan tidak terbatas pada usia maupun latar belakang dan asal domisili. Kamu bisa berkontribusi untuk menulis di Bicarajabar tentu dengan memenuhi syarat-syarat dan ketentuan yang telah kami cantumkan.

Bagaimana kriteria tulisan yang diterima oleh Bicarajaar?


Kriteria secara teknis sudah kami cantumkan pada syarat dan ketentuan. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah tulisan yang kamu kirim tidak mengandung unsur Sara, kebencian, dan kabar bohong/Hoax. Lalu, jika kamu menggunakan data/informasi tambahan dari tempat lain, kamu wajib mencatumkan sumbernya asalkan terpercaya, jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Topik apa saja yang bisa dimuat di Bicarajabar?


Topik apapun bisa, artikel sesuai dengan kanal yang tersedia pada Bicarajabar seperti, Mengulas, Jelajah, Hiburan, Komen atau Opini.

Apakah saya boleh menulis topik mengenai informasi selain tentang Jawa Barat?


Boleh kok, kamu bisa menulis topik pada kanal hiburan dan beberapa kategori khusus yang kami tentukan tentunya tulisan berisi hal positif, inspiratif, dan menarik untuk dibagikan mengenai isu-isu terkini.

Kapan saya boleh mengirim tulisan ke redaksi Bicarajabar?


Kapanpun kami siap kok dan langsung kami balas. Tulisan yang kamu kirim melalui email redaksi mohon untuk dipastikan tidak ada kesalahan penulisan email yang dituju. Jika kamu merasa status email sudah terkirim namun tidak mendapat balasan otomatis dari kami. Kamu bisa mengkonfirmasi status pengirimannya, melalui kontak lain yang kami sediakan. (Whatsapp/Pesan Facebook/DM Instagram/Telepon langsung juga boleh kok)

Jika sudah terkirim, Kapan saya mendapat kabar selanjutnya mengenai tulisan yang sudah saya kirim?


Akan kami kabari sesuai jangka waktu yang sudah kami tentukan maksimal 1 pekan. Bersabarlah, kami tetap akan memeriksa tulisan yang kamu kirim. Jika tulisan sudah siap dan layak untuk diterbitkan, kami akan kabari pengirim dan memberikan link tulisan kamu yang diterbitkan.

Apakah saya bisa mendapat uang dari tulisan yang dikirim ke Bicarajabar?


Tentu bisa, kami mengapresiasi setiap kontribusi tulisan yang telah terbit dengan memberi 1 Bintang untuk setiap tulisannya dan kamu bisa menukarnya dengan honorium berupa uang sesuai syarat dan ketentuan tercantum.

Apakah saya bisa menjadi bagian di Bicarajabar?


Sebagai kontributor tulisan kami terbuka lebar untuk siapapun kapanpun untuk menjadi bagian dari kami. Namun, jika untuk bergabung kedalam tim bicarajabar lebih dalam lagi akan diumumkan jika kami membutuhkan.

Jika saya masih bingung, kemana saya harus bertanya?


Jangan segan untuk bicara langsung kepada kami melalui kontak-kontak yang tersedia. Namun, jika ingin lebih privasi bisa kepo-in salah satu tim kami dan follow akun media sosialnya. Hehe.

Apakah saya bisa mengirim tulisan yang mempromosikan brand saya?


Tulisan seperti itu termasuk tulisan khusus, jika kamu ingin mengirimnya kamu harus menanyakan terlebih dahulu tentang teknis dan syarat-syarat kerjasamanya untuk menjadi partner kami. Karena kami telah sediakan kanal khusus yang bernama Brand Partner untuk menjadi wadah partner kami.